Sabtu, 01 Desember 2012

0 Manusia dan Cinta Kasih Sayang

Pada mulanya manusia diciptakan oleh Tuhan pasti dengan mempunyai perasaan. Diantaranya Cinta kasih, kasih sayang, kemesraan, pemujaan, belas kasihan, cinta kasih erotis. Semua itu ada dalam setiap diri manusia. Tidak ada manusia yang tidak mempunyai rasa cinta kasih. Contoh cinta kepada Tuhan, cinta orang tua terhadap anaknya, cinta kakak terhadap adiknya, cinta Negara, Cinta terhadap Saudara, Cinta terhadap Pacar, dll
Dalam menjalani kehidupan di dunia, kita akan selalu ditemani dengan perasaan cinta bahkan dalam bekerja, karyanya apapun harus menggunakan perasaan cinta. Begitu eratnya cinta kasih dalam kehidupan manusia.

Cinta itu adalah perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya karena ketertarikan terhadap sesuatu yg dimiliki lawan jenisnya ,misalnya seperti wajah,sifat bahkan harta. Namun diperlukan pengertian saling mengerti satu sama lain dan saling memahami untuk dapat melanjutkan hubungan, haruslah saling menutupi kekurangan masing-masing dan mau menerima pasangan apa adanya bukan ada apanya . Cinta itu sulit untuk diungkapkan tetapi mudah untuk dirasakan. Cinta itu tidak dapat dipaksakan dan tidak ada seorangpun bisa mengetahui kapan datangnya cinta itu sendiri. Cinta itu indah namun kepedihan yang ditinggalkannya terkadang lebih lama daripada cinta itu sendiri. Jika kita sudah mengenal cinta, kita akan menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini. Akan tetapi, bila cinta kita tidak terbalas, kita akan merasa bahwa kita adalah orang paling malang dan dengan cinta kita bisa belajar untuk menghargai satu sama lain, serta berusaha untuk melindungi orang yang kita cintai. Namun adakalanya cinta itu begitu menyakitkan, makan berhati hatilah jangan coba coba untuk bermain cinta. Sedangkan kasih itu adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila seseorang mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi juga bisa antara Tuhan dengan manusia. Misalnya kasih kepada orang tua berarti menyayangi mereka dengan setulus hati dan berusaha untuk tidak menyakiti hatinya. Kasih kepada sahabat berarti menjaga mereka dengan kasih sayang dan tidak mengkhianatinya. Kasih kepada pasangan berati menjaga kepercayaan dengan setulus hati. Dan kasih kepada Tuhan berarti mencintai Tuhan dengan cara menaati perintah-Nya dan menjuhi larangan-Nya. Cinta dan kasih itu dua kata yang hampir sama tetapi mempunyai makna yang berbeda.

Cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuaan. Yang paling penting dalam memberi adalah hal-hal yang bersifat manusiawi , bukan materi. Cinta dapat berlangsung sesaat, dan kasih sayanglah yang melanjutkannya sampaikapan pun. Jika seseorang mengatakan bahwa dia mencintai anda , tetapi kata-kata dan tindakannya tidak menghormati anda sebagai pribadi yang baik dan mandiri maka dia tidak betul–betul mencintai anda. Mungkin dia ingin memiliki anda,tetapi bukan pasti cinta. Cinta adalah Pemujaan, maka bagaimana mungkin orang yang seharusnya memuja anda tapi malah menyakiti anda ? cinta itu pasti mendatangkan kebahagiaan, jadi kalau anda tidak bahagia pasti kita mencintai kepada orang yang salah. Jangan pada saat ada orang yang benar-benar mencintai anda tapi malah kita salah mencintainya.

Kasih sayang adalah suatu pemberian rasa cinta yang diberikan oleh seseorang keorang lainnya atau kepda seluruh keluarganya. Kasih sayang juga tercipta karena adanya rasa perhatian, penyayang, sehingga terciptalah rasa kasih sayang.
Tidak hanya kepasangan lawan jenis saja rasa kasih sayang tercipta, tetapi juga kepada sahabat,keluarga dan teman-teman. Kasih sayang juga dapat mempersatukan orang yang sedang bertengkar, banyak sekali sisi positif dari kasih sayang itu sendiri.
Berawal dari rasa perhatian, saling mengerti terciptalah rasa kasih sayang, berawal dari pacaran, menjadi suami istri yang sangat bahagia, mempunyai anak sampai kakek nenek, betapa bahagianya orang yang memliki rasa kasih sayang dan sangat beruntung memiliki rasa kasih sayang.

Berawal dari teman biasa atau bahkan teman yang belum akrab dengan adanya kasih sayang mencocokan seseorang dengan orang lain betapa indahnya memiliki rasa seperti itu, hidup terasa sangat nyaman dan indah sekali, memang tidak semua rasa kasih sayang berjalan mulus, ada juga rasa pengkhianatan oleh rasa kasih sayang, rasa pengkhianatan dari kasih sayang tergantung dari masing-masing individu.
Marilah kita selalu menjaga perasaan orang lain dengan menanamkan rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang tidak hanya kepada pasangan sendiri tetapi sahabat,keluarga,teman. Betapa indahnya apabila semua orang didunia mempunyai kasih sayang kepada sesama, hidup ini sangatlah tentram.

Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu :
1. Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber. Pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
2. Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun awal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bila sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
3. Kemesraan Manusia Usia Lanjut.

Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur, memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada. Seperti Pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Dalam beberapa budaya Timur, dan tradisi penduduk asli Amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. Fungsi dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.

Belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi .sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT .Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak.Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang tersebut berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT.Itu berarti dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih.Belas Kasihan yang kita tumpahkan benar – benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas. Kalau kita memberikan uang pada pengemis agar mendapatkan pujian, itu berarti tidak ikhlas, berarti hanya ingin dilihat baik dimata orang lain atau orang tersebut ada tujuan tertentu. Hal seperti itu banyak terjadi dalam masyarakat.

Cinta kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupa jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu , pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara.
Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakan nafsu fisi belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Rupanya keinginan seksual dengan mudah dapat di dicampuri atau di stimulasi oleh tiap-tiap perasaan yang mendalam.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sunguh-sunguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi orang lain(wanita ataupun pria). Hal ini merupakan dasar gagasan bahwa suatu pernikahan tradisional, yang kedua mempelainya tidak pernah memilih jodohnya sendiri, beda halnya dengan kebudayaan barat/ zaman sekarang, gagasan itu ternyata tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih hanya di anggap sebagai hasil suatu reaksi emosional dan spontan.

HAL-HAL POSITIF YANG DAPAT DITERAPKAN UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI :
1. Selalu bersabar untuk mendapatkan cinta kasih dari orang yang anda sayangi.
2. Selalu bersyukur dengan apa yang kalian lakukan dan dapatkan.
3. Selalu melakukan sesuatu hal dengan rasa ikhlas.
4. Selalu melakukan sesuatu hal dengan rasa kasih sayang dan juga rasa cinta kasih.
5. Kasihilah sesamamu umat manusia seperti kamu mengasihi dirimu sendiri.

HAL-HAL NEGATIF YANG HARUS KITA JAUHI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI :
1. Seberat apapun cobaan yang dihadapi harus dihadapi dengan dada yang lapang. Jangan langsung menyerah . Dukungan dan support dari lingkungan luar pun sangat dibutuhkan agar orang yng mendapat cobaan dapat tetap tegar dan sabar dalam menghadapi cobaan tersebut, karena 1 lidi sangat mudah dipatahkan tetapi 100 lidi sangat sulit untuk dipatahkan.
2. Jangan terlalu egois karena sifat egoisme itu akan membawa kita kepada kehancuran dan kesendirian.
3. Jangan memperbanyak musuh dan harus memperbanyak teman.
4. Jangan menganggap hina orang lain tetapi anggaplah semua orang itu dengan kasih dan sayang.
5. Jauhkan diri kita dari sikap acuh tak acuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Artikel Kuliah Ku Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates